Home > Thoughts > Tips Menghadapi Dosen Pembimbing Killer

Tips Menghadapi Dosen Pembimbing Killer

Saya yakin teman-teman yang sedang mengerjakan tugas akhir atau skripsi sebagai salah satu syarat kelulusan sarjana S1 pernah mengalami jantung berdegup kencang, keringat dingin, gugup, dan rasanya ingin cepat-cepat keluar dari ruangan dosen pembimbing. Hal tersebut dapat terjadi ketika kita berhadapan dengan dosen pembimbing yang killer minta ampun; susah ditelepon, jutek, suka sentimen, idealis dan perfeksionis. Tapi apakah hal itu menjadi kendala atau penghalang kelulusan? masa’ sih gara-gara dosen pembimbing yang killer, kita sebagai mahasiswa sejati menjadi lama lulus bahkan hampir didropout?

Tips-tips di bawah ini bisa berguna, baca saja…

1.Tetap tersenyum

2Terima kritikan dari dosen pembimbing sambil tetap tersenyum atau tertawa jika kamu anggap kritikan itu lucu.

3. Akui bahwa kamu adalah mahasiswa yang memang membutuhkan seorang pembimbing dalam menyelesaikan tugas akhir atau skripsi

4. Akui kebodohan dan kesalahan

5. Camkan dalam hati dan pikiran, Dosen juga manusia;stress dan frustrasi karena konflik rumah tangganya,manusia bisa marah,manusia bisa lupa, pokoknya semua tetek bengek yang ada hubungannya dengan manusia.

6.Pede aja! Ingatkan jika beliau lupa (kan dosen juga manusia…)

7. Kenali pribadi dosen pembimbing kita, apakah dia seorang diktator atau terbuka terhadap segala opini atau open minded person.

8. Jangan coba-coba memberi pendapat pribadi tanpa dibubuhi referensi ketika ditanya oleh dosen pembimbing killer. Kalau gak tau ya ngaku aja deh…

9.Tunjukkan kepada beliau bahwa kamu akan mencari semua pertanyaan dari beliau melalui berbagai sumber dan jangan takut untuk meminta jawaban dari beliau langsung.

10. Latihlah diri kita untuk menjadi orang yang rendah hati.

11. Terakhir nih…berdoa’a. Ya berdo’a…kan mahasiswa juga manusia

Categories: Thoughts
  1. d 35 KA
    March 18, 2009 at 07:55

    saya sedang menghadapi dosen yang killer abis,teliti,n sepertinya bukan saya yang mw buat skripsi…..
    pusing banget deh,,rasanya kalo berhadapan langsung dengannya saya mw cepat2 menyudahi pertemuan ini…
    tapi saya masih berpikir logis,semua yang ia katakan adalah sebuah bimbingan yang membangun….
    loh…jadi mw curhat nih he,,he,,,g pp deh itung2 meringankan beban…..

  2. April 7, 2009 at 03:13

    waduh…susah tuh kalo isi skripsi serasa bukan dari pikiran kita.sebaiknya sih sebelum bimbingan ke dosen,itu itu skripsi udah matang dulu.maksudnya,segala isi pikiran dan ide kita sudah dituangkan ke dalam bentuk tulisan di skripsi,dan tulisan mendekati perfect.baru deh bimbingan supaya itu isi skripsi gak diutak-atik,tetapi redaksional aja yang diutak-atik sama dosen.

  3. April 7, 2009 at 03:14

    terkadang terlalu banyak frekuensi bimbingan,malah menjadi gak efektif.

  4. sany_1987
    July 3, 2009 at 04:16

    klo gue sih setiap brenti bimbingan ucapin “terimakasih pak” walaupun disuru ngulang buat proposal..

    • July 1, 2010 at 11:59

      ahahaha…ntu dosen pasti seneng banget yak.
      dulu aku juga begitu, ngucapin terima kasih setelah dikritisi isi skripsi aku dan ntu dosen kembali adem ayem.

  5. sany_1987
    July 10, 2009 at 03:53

    pusing dengan dosen pembibing ku..sebentar2 marah,,,huuuaaaaa

  6. September 3, 2009 at 23:41

    alasan dia marah2 begitu apa?

  7. arey
    April 28, 2010 at 13:35

    bat w yg pling nyebelin ngadepin dosen killer,ngritik terus….tanpa ada solusi sama skali,se’olah2 slalu mencari cari ksalahan,,,,
    kta g taw apa yg ada d pikiran para dosen killer….
    mending positif thinking,selalu tersenyum meski mrasa brat,,,,cz ada jg dosen yg berat membalas snyuman kta….
    selalu diakhiri ucapan terimkasih,meski apa yg kta pkirkan slalu d anggap salah…..
    itu yg w lakuin ktika mghadapi dosen pembimbing yg killer….n mnurut w jg blm tntu perfect……..

    • July 1, 2010 at 12:01

      bener banget tuh bro…
      dan sebelum bimbingan seprtinya kita kudu fokus dan konsisten dengan pendirian kita, supaya gak terlalu diobok-obok isi skripsinya.

  8. anak UNS
    April 28, 2010 at 13:46

    Dosen Killer?! why not?
    hadapi aja,kdang ktakutanlah yg menghalangi kta tuk gerak cpat,,,,,
    kalau perlu temuin tiap hari,dg catatan kerjakan pa yg dosen mao,,,,terus tiap hari,….
    nah,kalo dosen dah merasa kwalahan atopun jenuh dg km…..pst smuanya kan jd lancar……
    betul,betul,betul…………

    lakukan! dan perhatikan apa yang kan terjadi………

  9. Cinta damai
    June 28, 2010 at 17:45

    problem gw gag jauh beda sm tmn2 yg lagii skripsi, sumpah ternyata ky gini rasanya skripsi!!!!
    yg paling parah, giliran udah slangkah lagi, n mau goal tiba2 harus kehambat sm dosen penguji yg minta gw buat design ulanggg Topic gw…. hhhhhuuuuuuuaaaaaaaaaa……!!!!!!!!! parahhhh!!!!
    tapiii smua hrus di jlani, emg nasib punya penguji n pembimbing killerrr…

    • July 1, 2010 at 12:03

      wah kok bisa?maksudnya, topic elo dirubah lagi atau keseluruhan isi dirubah?
      ntu dosen penguji sumpah gak asik banget.

  10. upi
    August 9, 2010 at 16:42

    ternyata nasib aq jg sama, skrng aq lg ngadepin skripsi,2009 aq mulai skripsi n dpt dosen kliner n orang nya kadang suka mara2 g jelas,smpai aq bingung cr menghadapi beliu,dr kemauannya bt ganti judul, setelah selesai tinggal ujian ternyata dosen ku cuti krn ada maslh dgn rmh tangga, akhirnya aq ganti dosen n disuruh ngulang lg..n disuruh menambahkan lg aq berusaha semangat tp gk tau mau melangkah ujian eh dosen baru ku blng meragukan penulisan ku.. Aq mau kembali semangat kyk berat bgt….

    • August 20, 2010 at 08:21

      sekarang skripsinya udah selesai mbak?
      udah sidang sarjana?
      gimana pengalamannya?

  11. upi
    August 9, 2010 at 16:46

    oya dr rasa putus asa aq mencari di bpk google cr menghadapi dosen n menemukan tulisan anda, makasih tipsnya n bermanfaat bgt

  12. rtn
    August 31, 2010 at 11:58

    memang bener, menghadap dosen killer paling gua benci….pengalaman pas sidang diuji abis-abisan ma tuh dosen…bukannya bantu malah nguji…
    tapi gak pa2…gua tetep keep smile…..

  13. September 26, 2011 at 12:41

    salam kenal…….
    saya anak politeknik D3, saya salah satu mahasiswa yang punya masalah dengan pembimbing.sampai sekarang saya merasa takut untuk menemui dosen tersebut.

    uda 2 bulan kebelakangan saya tidak perna lagi menemui dosen tersebut, sedangkan jadwal sidang dah mepet. apakah kira-kira masi ada kesempatan buat saya?? untuk menuntaskan tugas akhir saya!!

    • September 27, 2011 at 00:00

      Tentu saja bisa.kamu bisa menuntaskan tugas akhir kamu meskipun udah 2 bln ini kamu gak ketemu dosen pembimbing itu sebab beliau sendiri pasti banyak memiliki mahasiswa bimbingan utk TA, jadi bisa saja dia tidak begitu ingat kapan terakhir kali kamu bertemu dengannya.
      Bila ingin bertemu dengan dosen lagi untuk bimbingan TA, yang udah 2 bln gak ketemu, aku bisa beri beberapa tips buat kamu semoga bermanfaat:
      1. Pertama kamu harus berpikiran positif dan bersikap tenang. Telepon beliau utk ketemu janji bimbingan TA. Aku yakin beliau dosen kamu tidak akan marah2 bila kamu meneleponnya setelah 2 bulan berlalu.
      2.Tentu saja materi atau draft TA kamu kudu selesai ketika akan bertemu dengannya supaya ada yang bisa dikoreksi beliau ketika bimbingan nanti. Dan bila dikoreksi atau dikritik tentang isi draft TA kamu, yah terima dgn lapang dada saja sebab mahasiswa memang butuh bimbingan dari dosen.
      3.Ajukan beberapa pertanyaan mengenai materi TA kamu, ini demi mengambil hati dosen pembimbing kamu. Yah bagaimana pun juga, dosen pembimbing memang tempat yang tepat untuk bertanya. Namanya juga dosen pembimbing, ya nggak?
      4.kalo dah berhasil bimbingan dengan beliau, ya kamu usahakan untuk tidak mengulur waktu lagi hingga 2 bulan berikutnya bila ingin cepat menyelesaikan TA.

  14. wauwau
    January 25, 2012 at 09:38

    gan ane ngadepin dosen penguji killer tapi bego nya bukan main (kok bisa jadi dosen ya), emosi ane ngeliatnya, gmna tuh gan cara menghadapinya?? pdahal hitungan skripsi ane dh bener smua, ama penguji 1 ane dh lewat, penguji 1 ane dekan gan, pinter bukan main dah prof lg, penguji 2 ni kyk setan bego bukan main, skripsi ane dislahin mulu, pdh dah 20 x ane bca ulang n hitung ulang skripsi ane gan, slalu di salahin, dibentak2, dikasi tau diannya malah ngerocos aja mulutnya gan! sakit hti sekali ane :,(!!! oala.. ya Allah tabahkan lah hati hamba mu ini😥

  15. January 25, 2012 at 14:47

    @wauwau: hahahaha kocak juga yah. Itu dosen kamu emang gak bener. Bisanya cuma marah2 doank, padahal dosen itu kan harusnya membimbing mahasiswanya. Namanya mahasiswa kan masih butuh bimbingan dari dosen yang stratanya lebih tinggi, udah master. Lha klo dah master ya harusnya dia kudu bisa kontrol emosi donk.
    Yah nasib elo juga dapat dosen begitu hihihi…lapor aja ama dekan,gimana?

  16. cece_nia
    April 11, 2013 at 22:26

    wah..wahhhh… banyak ternyata ketemu dosen killer.. rupanya aq gk sendiri.. ckckkk

  17. May 12, 2013 at 15:45

    GImana ya cara menghadapi dosen pembimbing yg udh ngambek duluan sblm pernah ditemui.
    Ane nggak bisa ketemuin, soalnya waktu pertama mau nemuin ane telat. Itu jg akibat kesalah pahaman di SMS sih. Ane kira dia bisa jam stngh 9 (balesnya cm “jm 8 lewat”, gitu aja), tau2nya kata dia jam 8 udh nunggu, itu jg br SMS pas ane lg di jalan mau ksana. Akhirnya waktu abis krn nyariin ruangan dia (dia nggak ngasih info jelas, mana ane gak tau orgnya yg mana). Disuruh nunggu sampe kegiatan dia selesai (kyknya sih mau bales ane), eh nggak dateng2 sampe sore.
    “Beliau” jd nggak mau menemui ane gt, menghindar.
    Emang boleh ya “Dosen Pembimbing” gitu?
    DP ane bapak2 agak tua, tapi anehnya ama tmn ane (yg satu DP, cewe) selow2 aja. malah “beliau” tlpn tmn ane duluan. Ane boro2 SMS dibales.
    Ane gak bs nyamperin ke tmptnya di Depok (ane di Bekasi) krn ktrbatasan angkutan, ane cewek soalnya. Mbok yo ngerti gt…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: