Home > Konsumensentris > Pelayanan PT POS INDONESIA

Pelayanan PT POS INDONESIA

Berawal dari pengiriman pos dan giro, Pos Indonesia telah menambahkan bentuk jasa pengiriman berupa logistik, keuangan, dan kiriman luar negeri.

Pos Indonesia merupakan perusahaan jasa pengiriman milik pemerintah (menjadi Persero pada tahun 1995) yang didirikan pada tahun 1746 di Batavia oleh Gubernur Jendral GW Baron. Kemudian pada tahun 1906, berubah nama menjadi Posts Telegraafend Telefoon Diensts.

Sekarang Pos Indonesia telah mengalami banyak perubahan di sana-sini,contoh real-nya logo perusahaan, perbaikan organisasi, pengembangan perusahaan yang berorientasi pada customer service menurut saya. Coba kunjungi website Pos Indonesia, website yang lumayan memberikan informasi kepada customer Pos Indonesia. Di website itu disediakan fasilitas untuk mengetahui apakah paket yang kita kirimkan telah diterima oleh si penerima dengan alamat tujuan yang sesuai. Beberapa contact person yang telah disediakan oleh Pos Indonesia juga banyak memberikan kepada customer. Saya pernah menanyakan kepada contact person tersebut melalui e-mail tentang biaya pengiriman serta syarat-syarat barang yang boleh dikirimkan ke luar negeri dan mereka segera membalas e-mail tersebut dengan memberikan informasi yang berhubungan dengan pertanyaan saya meskipun terdapat satu informasi yang tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Informasi itu berupa barang pecah-belah yang akan dikirimkan ke luar negeri. Di satu sisi, contact person yang ditunjuk oleh Pos Indonesia menyampaikan informasi bahwa barang pecah-belah (pigura lukisan berbingkai kayu dan kaca sebagai cover depan), di sisi lain petugas di Pos Indonesia cabang Alun-alun Bandung menyampaikan informasi bahwa barang pecah-belah tidak bisa dikirimkan ke luar negeri. Informasi yang tidak sinkron tersebut menimbulkan keambiguan bagi saya-bagi customer lainnya yang akan mengirimkan barang yang mengandung unsur kaca ke luar negeri, tentu saja. Namun, secara keseluruhan saya tetap salut terhadap pelayanan yang diberikan oleh Pos Indonesia.

Sewaktu saya ngotot untuk mengirimkan pigura lukisan yang mengandung unsur kaca tersebut ke luar negeri berdasarkan informasi yang saya peroleh dari contact person Pos Indonesia melalui e-mail, petugas Pos Indonesia cabang Alun-alun Bandung justru mempertahankan komitmen peraturan Pos Indonesia yang telah dibuat, peraturan bahwa barang yang mengandung unsur kaca—pecah boleh tidak bisa dikirimkan ke luar negeri. Mempertahankan peraturan yang telah dibuat tersebut secara komunikatif dan informatif. Pesan informatif yang disarankan oleh petugas Pos Indonesia tersebut yang sebenarnya baik dan bermanfaat untuk saya meskipun saya tidak bisa mengirimkan pigura lukisan tersebut. Salut! sebab Pos Indonesia masih mempertahankan dan berdisiplin terhadap peraturan pengiriman barang yang telah mereka buat. Tentu tidak seperti peraturan lalu lintas yang mudah dilanggar oleh para pengguna jalan,tentu tidak akan seperti itu.

Kali ke dua saya ke sana untuk mengirimkan paket ke luar kota, Pos Indonesia menawarkan jasa packaging yang aman untuk pengiriman paket pos ke luar kota. Jasa packaging tersebut mengingatkan saya kepada Deutsche Post milik pemerintah Jerman yang menyediakan produk packaging barang mulai dari ukuran kecil hingga ukuran besar, mulai dari volume kecil hingga volume besar yang telah dilabeli harga dan ready to use. Bisa saja, Pos Indonesia mengkomersialkan produk-produk pendukung packaging selain perangko dan amplop dengan berbagai ukuran seperti yang dilakukan oleh Deutsche Post. Misalnya dengan menjual kardus berlogokan Pos Indonesia untuk pengiriman paket pos berupa CD atau DVD, kardus berukuran lebih besar lagi, atau apa saja.

Pos Indonesia memang mengalami banyak perubahan, saya bisa lihat itu dan sebab itu lah saya hingga saat ini masih menggunakan jasa Pos Indonesia. Yang lebih penting lagi, saya bisa mengetahui status paket pos yang telah saya kirimkan—status terkirim atau belum terkirim melalui website resmi Pos Indonesia.

Categories: Konsumensentris
  1. January 14, 2010 at 13:48

    bukti kirim no 10298262610 tanggal 01 januari 2010
    lewat kanto pos indonesia kota sorong mohon barang tersebut di terima di desa tenajar tengah , blok kali darung kec: Kertasmaya Kab : Indramayu Jabar sampai sangat ini belum diterima mohon info balik .

    • January 20, 2010 at 15:58

      Wah sebenarnya di sini bukan tempatnya untuk pengajuan komplain.Tapi terima kasih karena sudah membaca blog ini.
      Saran saya untuk pak Kasidi, hubungi pengirim paket kemudian minta dia untuk mendatangi kantor pos Indonesia setempat dengan membawa struk bukti pengiriman.Mudah-mudahan alamat tertuju benar.

      Untuk pak Nandang,ini adalah berita yang menyedihkan.Paket kiriman kilat khusus belum sampai juga ke alamat tujuan. Saran saya, hubungi kantor pos Indonesia setempat untuk pengajuan komplain dan menanyakan keadaan paket tersebut.Mudah-mudahan alamat yang bapak cantumkan benar.

      Saya sih bukan karyawan PT Pos Indonesia,melainkan pelanggan jasa PT Pos Indonesia. Saya turut sedih mendengar berita dari bapak-bapak sekalian mengenai paket kiriman yang tidak kunjung tiba. Mudah-mudahan pihak Pos Indonesia membaca ini.

  2. nandang supriatna
    January 15, 2010 at 08:48

    dengan hormat say salah satu pengirim paket dan mau menanyakan dan minta tolong … pengiriman saya belum nyampe juga padahal saya memakai surat kilat husus dan biaya yang lumayan …..
    dengan
    pengirim

  3. nandang supriatna
    January 15, 2010 at 09:13

    dengan hormat say salah satu pengirim paket dan mau menanyakan dan minta tolong … pengiriman saya belum nyampe juga padahal saya memakai surat kilat husus dan biaya yang lumayan …..
    dengan
    pengirim H ASUM SOBANDI
    kp. cimega Rt 03/06 sarinagen bandung.

    dan alamat yang dikirim
    bapk hamdani / udin
    jln penambahanRt 02 desa malinaw kota kalim tarakan 77111. dan samapai saat ini pengiriman dari tanggal10 – 12- 2009 sampai hari ini belum juga nyapai tolng bantuanya….. teriomakasih

    • evi noviana
      April 5, 2010 at 17:07

      Untuk pengaduan PT POS INDONESIA bisa buka websitenya di http://www.posindonesia.co.id ada layanan lacak kiriman semua layanan pos.ketik aja no barcode pengirimannya nanti akan keluar Track & Trace Pos Indonesia Online.

      terimakasih
      evi

  4. dede zakaria, sh.
    January 6, 2011 at 16:00

    saya sangat kecewa dengan layanan kantor pos terutama kilat expres yang mana bekerjasama dengan kementerian hukum dan HAM RI dalam pengantaran Surat Keputusan Atas Pendirian Perseroan Terbatas ke kantor notaris sampai kekantor notaris telat padahal dalam kota jakarta dari rasuna sahid ke lenteng agung pasar minggu dari hari selasa tgl 04-01-2011 jam 11 kok sampai tanggal 06 belum kunjung sampai kekantor notaris tersebut.

  5. November 9, 2011 at 15:44

    saya ingin mengadukan kinerja pos pusat jakarta.tidak baik dan mereka tidak ada tepat pada janji.kalau pihak pos sudah tidak mampu mengantarkan paket -paket kiriman.di tutup saja,buat apa berjalan hanya menanbah hutang negara dan memperbanyak anggaran negara saja.

  6. November 11, 2011 at 02:26

    makasih ya dah membantu skripsi saya.🙂

  7. end.hends
    December 10, 2011 at 20:20

    layanan keluhan via sms dgn cara ketik IPOS (barcode) kirim ke 8161 trnyt TIDAK BISA DIMANFAATKAN

  8. Awaluddin idris
    December 19, 2011 at 03:38

    Saya merasa sangat sangat kecewa terhada pelayanan PT.Pos Indonesia. Saya sudah dirugikan karena keterlambatan pewngiriman sudah hampir 3 bulan barang saya belum juga tiba. Saya menanyakan ke kantor pos cabang Timika kapan barang kiriman saya dari bandung tiba di timika namun jawabannya TIDAK TAHU kapan barang tersebut tiba, saya juga menanayakan keberadaan barang tersebut sudah berada dimana jawabannya sama TIDAK TAHU apakah ini pelayanan yang baik dari kantor pos, apakah cara seperti demikian melayani custamer. Hancur betul pelayanan pos indonesia kecewa aku

  9. Pras
    September 12, 2012 at 15:49

    Aq kecewa sama pos indonesia paket dari pati ke ponorogo aja masa 2 minggu yang bener aja jangan koropsi aja ya

  10. leo patra
    June 8, 2013 at 22:45

    no kirim /no resi 11368086729 .mohon d cek n telusuri surat paket kilat khusus sampai detik blum nympe d tjuan , pdhl udah d krim tgl 29 mei 2013 dari kantor pos kota fajar-aceh selatan ke almat tjuan LORONG ASRAMA RT034 RW010 KEL:TALANG UBI TIMUR .KEC:TALANG UBI -MUARA ENIM KODE POS 31221

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

